Jumat, 01 Februari 2013

PT Tifico Fiber Indonesia

Sekilas Perseroan 
PT Tifico Fiber Indonesia, Tbk semula didirikan dengan nama PT Teijin Indonesia Fiber Corporation. Persetujuan pendirian diberikan oleh Presiden Republik Indonesia pada tanggal 25 September 1973, dan secara resmi didirikan pada tanggal 25 Oktober di tahun yang sama.
Awal pembangunan dimulai pada tanggal 15 Juli 1974 pada areal seluas 620.000 meter persegi (62 hektar) di kota Tangerang. Pada bulan Juli 1976, kegiatan produksi komersial dimulai. Produk utama Perseroan terdiri atas serat polyester ( polyester staple fiber), benang polyester (polyester filament yarn) dan biji polyester (polyester chips). Kapasitas produksi untuk polyester staple fiber 187.150 ton per tahun, polyester filament yarn mencapai 97.140 ton per tahun, dan polyester chip sebanyak 288.240 ton per tahun. Dengan adanya perubahan iklim yang cukup ekstrim dewasa ini, membuat benang polyester tetap menjadi pilihan. Hal ini bisa terjadi dikarenakan benang polyester memiliki kualitas yang terjaga dan produksi yang bisa tetap berjalan dengan baik. Sementara itu produk benang lainnya seperti halnya kapas (cotton) memiliki potensi untuk terganggu oleh oleh perubahan iklim dan kualitasnya bisa turun karena munculnya jamur.  

Pada tanggal 15 April 2010, Perseroan diambilalih(akuisisi) oleh sebuah konsorsium, dan berganti namamenjadi PT Tifico Fiber Indonesia, Tbk dan komposisikepemilikan saham adalah sebagai berikut: PT ProspectMotor (33,08 persen), Pioneer Atrium Holdings Limited(31,60 persen), PT Hermawan Sentral Investama(17,39 persen), PT Wiratama Karya Sejati (16,79persen), dan Publik (1,14 persen).

Perseroan dikelola dengan komitmen yang tinggi pada lingkungan hidup. Kawasan pabrik seluas 62 hektar dikembangkan dengan memperhatikan secara baik tata letak dan ruangnya. Banyaknya tanaman dan ruang terbuka hijau, tidak mengesankan keberadaannya sebagai sebuah pabrik karena taman di antara bangunan pabrik memberikan keasrian dan keterjagaan lingkungan. Perseroan selalu berupaya untuk mengendalikan kualitas lingkungan, khususnya limbah padat, cair, gas, dan kebisingan. Di tahun 2011, Perseroan mendapatkan Penghargaan Program Penilaian Peringkat Kerja Perusahaan (PROPER) Biru dari Kementrian Lingkungan Hidup.

Perseroan juga mengelola berbagai sarana untuk memberikan tingkat kenyamanan dan kesejahteraan bagi karyawan melalui hubungan industrial yang harmonis, seperti halnya menyediakan tempat tinggal bagi sebagian karyawan yang ditempatkan pada lokasi yang tenang dan nyaman, serta kantin Perseroan yang dikelola dengan baik dan bersih. Untuk kepentingan dan kenyamanan karyawan, di bagian lain kawasan pabrik yang hijau ini juga tersedia berbagai sarana untuk aktivitas karyawan, termasuk berbagai sarana olah raga, seperti lapangan sepak bola, tenis, dan lain-lain.

Perseroan dikelola dengan karyawan sebanyak 1.914 karyawan (data pada tanggal 31 Desember 2011) yang terdiri dari 908 karyawan tetap Perseroan dan 1.006 karyawan kontraktor. Untuk mendukung pencapaian visi dan misi, Perseroan mengembangkan 5 (lima) pilar atau nilai yang diinternalisasi dan dikembangkan oleh seluruh karyawan Perseroan, baik karyawan tetap maupun kontraktor. Diantaranya dengan menjadi pribadi yang handal dan kompeten, terus melakukan inovasi dalam segala aspek pekerjaannya, memberikan kepuasan customer maupun rekan kerja terkait dengan melakukan pekerjaan dengan baik dan tepat waktu, menciptakan hubungan industrial yang harmonis, serta menjaga lingkungan kerja atau lokasi kerja agar tetap bersih dan terjaga.

1 komentar:

  1. Selamat siang,
    Kami ANEKA BARANG TEKNIK bergerak di bidang pengadaan barang untuk kebutuhan teknik yang berpusat di area Glodok, kami menjual diantaranya :
    FILTER MATERIAL and STUFF (Filter Bag, Filter AHU, Filter Press,dll),
    PACKING GASKET (INSULATION, ENGINEERING, RUBBER),
    SIKAT INDUSTRI (sesuai ukuran dan material yg dipesan),
    PEMBUBUTAN untuk material seperti TEFLON, KUNINGAN, PVC, DLL

    Demikian informasi yang kami berikan, bila ada kebutuhan untuk barang teknik jangan segan untuk kontak kami. Atas perhatiannya kami ucapkan terima kasih banyak.

    Best Regards,

    ANEKA BARANG TEKNIK
    Jl. Blustru, Hayam Wuruk No.127A-A
    Jakarta Barat - Indonesia
    Telp/Fax : (021) 2268 0184
    Mobile : 0816 134 3142
    Email : anekabarangteknik@gmail.com
    Temporary Website : piontamainti.indonetwork.co.id

    BalasHapus